nusakini.com-Bandar Seri Begawan-KBRI Bandar Seri Begawan (BSB) mengadakan Festival Musik dan Kuliner untuk memperkenalkan memperkenalkan jaminan sosial yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) kepada para PMI di Brunei. Festival yang berlangsung satu hari penuh tersebut juga bertujuan untuk memperkenalkan jaminan sosial yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) kepada para PMI di Brunei.  

Tampak ratusan warga Indonesia antusias mengunjungi booth BPJS TK untuk berkonsultasi terkait perlindungan sosial yang diberikan. 

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk upaya kami dalam menjunjung amanah menyediakan perlindungan kepada seluruh Pekerja Migran Indonesia, termasuk yang ada di Brunei agar selalu terlindungi dalam bekerja” ucap Agus Susanto, Direktur Utama BPJS TK, yang selanjutnya menjelaskan perbedaan program BPJS TK dengan BPJS kesehatan.​ 

Masyarakat juga dihibur oleh berbagai penampil, seperti Ghea Youbi. Pertama kali tampil di Brunei, Ghea Youbi sukses menghibur warga Indonesia dan Brunei yang memadati halaman KBRI Bandar Seri Begawan.Selain Ghea Youbi, berbagai pertunjukan budaya, jazz, silat dan dangdut oleh delapan persatuan/komunitas Indonesia serta alumni D’Academy dari Brunei ikut meramaikan suasana.  

Sementara Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Dr, Sujatmiko, MA, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan terima kasih atas dukungan BPJS TK serta mendorong agar masyarakat turut berpartisipasi dalam pemilu tahun depan. Dubes Sujatmiko juga memperkenalkan situs Peduli WNI, yang merupakan fitur terbaru Kemenlu yang mengintegrasikan berbagai pelayanan bagi WNI di luar negeri. Tidak lupa Dubes selalu mengingatkan para WNI untuk selalu patuh pada hukum dan peraturan setempat, selalu melapor ke KBRI, disiplin dan profesional dalam pekerjaanya masing-masing. 

Acara kumpul warga akhir tahun ini dihadiri oleh sekitar empat ribu warga Indonesia di Brunei dan turut dimeriahkan dengan bazar makanan Indonesia oleh beberapa restoran Indonesia dan warga masyarakat di Brunei. Sebagai wujud peduli terhadap WNI, KBRI juga menyediakan fasilitasi cek kesehatan gratis kepada para PMI. 

Selain sangat terkesan dengan tampilan budaya dan aneka rasa kuliner Indonesia, para WNI menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KBRI yang memberikan. pelayanan maksimal kepada semua warganya dan sekaligus berikan kesempatan kepada mereka untuk kembangkan bakat seni dan hidupkan ekonomi rakyat Indonesia di Brunei.(p/ab)